Jumat, 30 September 2011

Masyarakat Harapkan Nasdem Jadi Solusi


PADANG--MICOM: Masyarakat Sumatra Barat (Sumbar) mengharapkan Nasional Demokrat (Nasdem) bisa mencarikan solusi bagi berbagai permasalahan bangsa saat ini. Hal tersebut terungkap dalam sosialisasi Nasdem di Kabupaten Solok dan Kota Solok, Rabu (16/3).

"Kita mengharapkan Nasdem bisa menjadi pendingin dari kegaduhan dunia politik yang merisaukan masyarakat," kata Afni Haviz, warga Solok kepada Wakil Sekjen Nasdem Willy Aditya yang menjadi narasumber dalam sosialisasi tersebut.

Sutrisno, menyampaikan rasa pesimistis pada nasib petani yang tak kunjung berubah. "Kami mengharapkan ada gerakan perubahan untuk meningkatkan kesejahteraan petani," ujar pria yang berprofesi sebagai petani tersebut.

Senada dengan itu, Erwin, petani lainnya meminta Nasdem membuat program bantuan dana bergulir untuk petani, sehingga bisa dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan. "Tentunya dalam bentuk yang bertanggung jawab, tidak seperti PNPM," ujarnya.


Menjawab itu, Willy Aditya meminta Nasdem dan anggota di daerah merancang berbagai program dan bisa didiskusikan pada tahap berikutnya. "Yang penting memang program dulu. Buatlah program yang sederhana, tapi berkelanjutan," katanya.

Willy mencontohkan, Nasdem membantu pengembangan rumput laut di Nusa Tenggara Timur dengan dana Rp1 miliar dan dua program dana bergulir. "Tentunya, kita membuat sistem agar dana ini bisa kembali, biar bisa terus kita gulirkan kepada masyarakat yang lain," jelasnya.

Willy hadir di Solok didampingi Sekretaris DPW Nasdem Sumbar Bachtul dan inisiator Nasdem Kabupaten Solok Hendri Dunan, mengharapkan juga terjadi perubahan mindset dalam masyarakat.

"Kita harus kembali membangun tradisi kekeluargaan, kolektifitas, dan kepercayaan satu sama lain. Selama ini kita kehilangan daya karena telah meninggalkan solidaritas," ujarnya.

Sosialisasi Nasdem di daerah, menurut Willy, menjadi syarat sebelum deklarasi. Hal tersebut, agar muncul program-program restorasi. "Yang penting program yang konkret dahulu sebelum dibentuknya struktur."

Willy menargetkan deklarasi Nasdem kabupaten/kota di Sumbar bisa dimulai April 2011. "Sehingga, 19 kabupaten/kota di Sumbar sudah bisa deklarasi sebelum Juni 2011," katanya.

Menurutnya, belum dideklarasikan sudah ada 75 ribu orang yang mendaftar menjadi anggota Nasdem. "Di seluruh Indonesia sudah hampir 2 juta orang. Kita menargetkan Nasdem sudah ada di seluruh desa dan kelurahan se-Indonesia pada 1 Februari 2012," tuturnya. (HR/OL-8)
Media Indonesia, Kamis, 17 Maret 2011 03:48 WIB   

Tidak ada komentar: